Dec 21 2010

Tips meningkatkan PD (Percaya Diri)

1. Kurang Persiapan
Kurang siap dan kurang persiapan bisa bikin kamu nervous. Misalnya saat datang ke acara ulangtahun teman-teman tiba-tiba kamu diminta untuk menyumbangkan suara kamu. Ini bisa bikin kamu terkejut, deg-degan dan akhirnya grogi deh saat nyanyi.
Cara mengatasinya: persiapkan diri untuk menghadapi peristiwa apa yang sekiranya akan kamu alami. Misal kalau sekiranya di acara ultah itu kamu mau disuruh nyanyi, nggak ada salahnya kan kalau latihan dulu di rumah? Kamu juga harus siap setiap waktu untuk menghadapi tuntutan apapun, dimanapun dan kapanpun.

2. Ragu-ragu
Saat guru menyuruhmu mengerjakan soal di papan tulis, kamu merasa ragu takut salah. Padahal kamu bisa. Ini juga bisa bikin grogi atau nervous muncul loh!
Cara mengatasinya: Kerjakan semua dengan penuh peyakinan. Buang rasa ragu-ragu dan jangan pernah takut salah! Bukankah lebih baik salah daripada tidak pernah mencoba sama sekali?

3. Tidak Tenang
Ada sesuatu yang mengganjal di pikiran kamu, sehingga kamu gelisah dan grogi deh! Perlu diketahui tenang adalah salah satu kunci muara kamu. Ini bisa bikin kamu terkejut, deg-degan dan akhirnya grogi deh saat nyanyi.
Cara mengatasinya: persiapkan diri untuk menghadapi peristiwa apa yang sekiranya akan kamu alami. Misal kalau sekiranya di acara ultah itu kamu mau disuruh nyanyi, nggak ada salahnya kan kalau latihan dulu di rumah? Kamu juga harus siap setiap waktu untuk menghadapi tuntutan apapun, dimanapun dan kapanpun.

4. Kurang Percaya Diri
Biasanya ini terjadi karena kamu merasa penampilan kurang OK! Kemampuan kamu belum seberapa atau ada sesuatu yang kurang sempurna dalam diri kamu.
Cara mengatasinya: perbaiki penampilan, pakai busana yang menurut kamu nyaman dan nggak usah dendam berlebihan. Kamu harus menganggap bahwa diri kamu adalah yang paling baik, pokoknya the best of the best deh.
Tapi ini cuma sebagai pegangan buat kamu, nggak perlu diomongkan dan jangan sampai buat kamu sombong.

5. Bawaan
Yang terakhir ini yang paling susah dihindari. Ada juga nervous karena bawaan. Setiap kali tampil di depan umum pasti grogi muncul. Tapi nggak usah khawatir ada cara mengatasinya.
Caranya mengatasinya: lebih sering tampil di depan umum akan membuat kamu terbiasa dan menghilangkan nervous. Banyak istirahat dan makan makanan bergizi. Dan banyak latihan! (di depan cermin juga boleh)

Selain itu juga terdapat beberapa bantuan positive dr agan sendiri.

1. Pahami bahwa perasaan grogi adalah energi positif
Apa yang anda rasakan saat grogi? Dada berdebar-debar, keringat dingin mengucur, bibir bergetar, dan darah seolah mengalir lebih cepat. Pahami bahwa semua itu adalah sebuah dorongan energi yang meluap dari dalam diri anda. Tidak ada yang salah pada energi itu. Ia perlu disalurkan secara positif. Ia semestinya menjadi bahan bakar yang mendorong presentasi anda lebih baik. Anda bisa menggunakan energi itu untuk memantapkan penampilan anda.

2. Bersikaplah nothing to loose.
Keinginan kita untuk bersikap sebaik-baiknya mendorong munculnya perasaan grogi. Secara negatif, pikiran kita biasanya terbebani oleh ketakutan untuk membuat kesalahan, kekhawatiran akan gagal, kecemasan bila melakukan kekonyolan, dan berbagai bayangan-bayangan negatif lainnya. Sebelum anda bisa menggunakan energi grogi itu secara positif, maka terlebih dahulu anda harus menetralisir emosi-emosi negatif tersebut. Bersikaplah “nothing to loose”; tak sesuatu yang patut kita takutkan. Bila toh kita gagal, maka tidak sesuatu yang harus menjadikan kita begitu kehilangan.

3. Tenangkan diri anda.
Sementara anda menunggu giliran, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Keluarkan energi yang meletup-letup dalam dada anda melalui hembusan nafas yang teratur. Tenangkan pikiran dan emosi anda. Bila perlu pejamkan mata. Kumpulkan energi itu sebaik-baiknya. Jangan biarkan mengganggu ketenangan jiwa anda.

4. Kerahkan energi anda.
Kerahkan energi anda. Lepaskan energi itu dari “kekangannya”. Berdirilah dengan sigap. Berjalanlah dengan tegap dan mantap. Bila perlu hembuskan nafas lepas sambil berteriak kecil, “yes”. Lakukan apa-apanya dengan sikap tegas. Biarkan energi itu mengalir dalam gerakan anda.

5. Berbicaralah dengan sigap dan santai.
Bila anda berbicara lambat, maka bibir anda akan semakin gemetar, suara anda pun bergetar. Salurkan rasa grogi anda melalui suara anda yang santai dan sigap. Suara sigap anda bukan hanya dapat mengatasi kecemasan, namun juga sarana menyalurkan energi tersebut. Ada baiknya anda mengatur kata2 pertama anda namun tetap bersikap wajar.

6. Diam.
Anda dapat menyalurkan ketegangan dalam diri anda sama dia, yaitu dengan memulai anda dengan diam beberapa detik. Biarkan ketegangan anda terserap dan jadi ketegangan dia. Bila anda merasa ketegangan dia sudah cukup meninggi, mulailah berbicara dengan sebuah pertanyaan yg penting dan masuk akal . .

7. Lontarkan humor yang wajar.
Lenturkan kegugupan anda dengan sebuah humor yang wajar. Anda memang perlu merencanakannya dengan baik, namun jangan sampai kehilangan spontanitas.Dan, humor terbaik yang tidak akan melukai perasaan siapa pun adalah humor tentang diri anda.

Semoga setelah membaca ini grogi kamu yang bikin BT itu bisa diatasi, bahkan dihilangkan sama sekali. Dan kamu akan jadi seseorang yang siap tampil setiap saat.

di sadur dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5289500

32 Responses to “Tips meningkatkan PD (Percaya Diri)”

  1. Herry Ir. says:

    boleh juga ne tips2nya…

  2. Nurul says:

    tips yang bagus..

  3. Bagus tuh… tipsnya emang saya cari tips ini buat nanti tanggal 4 Juli hari senin ini saya akan menjadi sambutan panitia pada acara peringatan isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. tahun 2011 ini….;-)

  4. RETNA says:

    Sarannya boleh juga….bagus…. sangat bermanfaat…
    semoga bisa mengatasi grogi saya ya….
    klo saya sie.. kalo grogi, ngomongnya kayak orang mau nangis… bergetar gitu…
    nanti di praktekin deh… biar lancar….
    thanks ya…

    • Wiryadinata says:

      iya sama kadang aku juga gitu kok. apa lg ngomong ddpn org2 ya ga kenal ngatasinya ya dibawa enjoy perlahan.
      semoga berhasil sist ;)

  5. semoga pd q bsa d tingkatkan dalam proses pembekajaran di school

  6. Wiryadinata says:

    aamiin… saya hanya bisa bantu dengan tips dan doa dr sini insyaAllah
    sukses selalu yah sist.. :)

  7. andika says:

    boleh juga tipsnya..
    :)

  8. Enggan ratna says:

    Tips yg sngt brmanfaat,mg mkin nmbh rs pd sya..
    Thnks buat tipsnya..

  9. Wiryadinata says:

    @andika. semoga berhasil yah gan :)
    @enggan sama. smoga bermanfaat sist

  10. gawuks says:

    duh entah yuaaaaaaaaaa…wkwkwk

  11. rinaldo hasibuan says:

    Owh..tipsnya sederhana tapi membuat rasa percaya dri q lebih baik nih.
    makasi yah,

  12. diah says:

    good…sangat bermanfaat

  13. ifa says:

    semoga q bs mngmalkan tips2 trsbt& tdk grogi lg,,soal’y,q ky’y dr bwaan,tiap mw tmpil dh grogi dluan trz….pgen ngis,,,,

  14. Arif cz says:

    Thanks atas tipsnya…….

  15. hariyanto says:

    thank’s atas infonya, semoga berguna bagi semua dan sangat berguan sama gw har sabtu besok cz gw sangat membutuhkan nya pada saat tes ujan wawancara besok. all frand’s doan gw ya biar ga gerogi nd bsa lulus.. amin ya robal alamin … ya alloh hamba hanya berserah padamu, semoga hari sabtu besok bisa merubah kehdupan gw nd keluarga gw.

    • Wryant says:

      aamiin
      gmn hasilnya gan. semuanya kembalikan lagi dan serahkan pada Allah SWT.. karna Dialah yang maha mengetahui apa yg tidak kita ketahui :)

  16. arya says:

    mantap akan gw coba….

  17. arya says:

    mantap akan saya coba…makasih gan

  18. Yoyok cahyono says:

    Terima kasih tipsnya…sangat membantu, saya merasa tidak sendiri mengalaminya rupanya banyak teman-teman lain juga yang merasakan.

  19. Wryant says:

    @arya n yoyok: iyah semoga bermanfaat dan tetap PD selalu sampai sukses dapat kita raih aamiin

Leave a Reply

*

Alibi3col theme by Themocracy

Secured for spam by MLW and Associates, LLP's Super CAPTCHASecured by Super-CAPTCHA Developed by Goldsboro Web Development..